ALAMI & ILMIAH

KAMI MENYEDIAKAN BERBAGAI MACAM SUPLEMEN KESEHATAN DARI PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Thursday, 24 March 2016

Sunat Terbukti Mencegah Infeksi dan Kanker Genital

SUNAT atau khitan ternyata punya manfaat. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa sunat sangat menguntungkan bagi kaum laki-laki, di antaranya mencegah infeksi bahkan kanker.
Alat genital laki-laki memang rentan alami infeksi dan peradangan karena berada di luar tubuh. Selain itu, Mr P laki-laki juga menghasilkan cairan smegma yang rentan mengundang bakteri penyebab bau dan komplikasi lainnya.
“Penumpukan smegma karena praktik kebersihan yang kurang dapat menimbulkan tampilan yang kotor atau bau tidak sedap. Namun, ini lebih banyak ditemukan pada anak-anak. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan penyunatan,” kata dr Mahdian, penemu Mahdian Klem, yang ditulis Okezone dari rilis yang diterima.
Pada studi systematic review dan meta-analysis yang dilakukan oleh Natasha L Larke, dkk, ditemukan bahwa penyunatan atau sirkumsisi pada anak dapat menurunkan infeksi dan risiko terjadinya kanker penis.
“Ini karena smegma biasanya menumpuk di sekitar sulcus coronarius, yaitu cincin yang melingkari pangkal kepala penis. Dengan sirkumsisi, daerah ini menjadi lebih mudah dijangkau dan dibersihkan. Pada orang yang disirkumsisi, pembentukan smegma jauh berkurang karena prepusium yang melepaskan sel kulit mati pembentuk smegma juga telah dibuang,” terangnya.
Sunat juga bisa membantu mencegah infeksi pada anak dengan penyempitan kulup atau fimosis. Pada kasus yang seperti itu, penyunatan mempermudah anak untuk membersihkan penis dan mencegah infeksi berulang pada saluran kemih.
“Saat ini sunat telah dianjurkan oleh WHO sebagai salah satu pencegahan penularan HIV/AIDS. Sekarang ini telah dipermudah dengan hadirnya berbagai teknik sunat yang modern, praktis, dan aman. Salah satu teknik sunat modern yang makin populer adalah klem sekali pakai,” imbuh dr Mahdian.

sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/24/481/1344517/sunat-terbukti-mencegah-infeksi-dan-kanker-genital

No comments:

Post a Comment